Sabtu, 29 September 2012

Cara Belajar Efektif

Bagaimana sih kita menemukan metode yang efektif dalam belajar, khususnya para siswa yang sering mengalami kendala dalam belajar efektif. Semua pasti merasa kalau belajar itu merupakan suatu beban atau kewajiban. Coba deh ubah dulu pola pikir kita, simpelnya gini kita belajar karena kita suka, atau kita belajar demi masa depan kita nanti. Dimana seorang yang berilmu akan mendapatkan kehidupan yang layak.


Selanjutnya sedikit masukan berharga dalam mendapatkan belajar dengan efisien adalah:
  1. Belajar bersama, metode ini merupakan yang paling efektif karena dalam suasana kelompok yang lebih santai otak menjadi lebih rileks menerima ilmu-ilmu yang akan diserap. 
  2. Buatlah ringkasan, untuk lebih mudah ketika menghafal dan gak pusing bacanya.
  3. Disiplin dalam belajar, kita harus bisa mengatur mana waktu bermain dan mana waktu belajar. Tentunya harus balance antara bermain dan belajar.
  4. Menjadi aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru, ingat bahwa bertanya itu merupakan kuncinya ilmu. 
  5. Pelajari ulang materi yang telah diajarkan, agar kita lebih paham lagi. Kalau ada materi yang kurang mengerti bisa tanyakan kepada guru yang bersangkutan.
Terakhir segiat - giatnya kita belajar tapi jangan lupa untuk istirahat. Orang - orang sukses seperti steve jobs yang menjadi pintar karena mereka mempunyai metode - metode belajar efektif tersendiri, so ciptakan sendiri suasana belajar kondusif yang menurut mu bisa menjadi cara belajar efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar