Jumat, 28 Desember 2012

Trik Masak Dapur

Memasak itu mengasikan, tetapi tetap harus waspada. Sebab, memasak bisa saja menjadi sumber kecelakaan dan penyakit. Makanya, masuk dapur pun ada triknya. Tidak percaya?

Perhatikan saja dapur kita ketika sedang digunakan untuk memasak. Ada api dari kompor, wajan panas, minyak panas, mixer listrik, microwave, pisau tajam, atau juga ceceran air di lantai. Wow... kalau tidak hati-hati bisa-bisa kita mengalami kecelakaan di dapur. Mau tau cara menghindarinya?

Cempal, ya itulah peralatan wajib untuk memegang atau mengangkat perangkat panas seperti wajan atau panci. Tau kan cempal? Kalau gak tau ini dia wujudnya
2. Usahakan ceceran air di dapur segera di lap. Bila tidak, kita bisa terpeleset.

3. Tangkai wajan atau panci diatas kompor harus menyamping. Kalau tidak bisa-bisa tangkainya tersenggol, isinya yang panas tumpah, dan uhh... jangan sampai deh.

4. Jangan pernah meninggalkan dapur dalam keadaan kosong ketika kompor menyala.
4. Hati-hati dengan pisau tajam. Bila berjalan, pastikan bagian tajam tidak menghadap ke luar. Bila meletakan pisau, pastikan bagian tajam menghadap tembok dan ada di tengah meja. Bila menyimpan pisau, selelalu meletakan bagian tajam menhadap ke bawah.

5. Jangan memindahkan peratalan masak elektronik ketika sedang on, alias menyala. Takutnya nanti kita nanti tersetrum.

Hmm, sedappp!!! Pusat kesedapan itu ada di dapur. Tapi jangan salah, lho! Selain pusatnya segala yang sedap, dapur juga salah satu pusatnya bibit penyakit. Ada daging mentah, lalat, atau juga sisa-sisa bahan makanan. Ini dia siasatnya:
 
Cuci tangan! Ya, jangan lupa cuci tangan. Selesai memotong daging, cuci tangan. Selesai membuat sambal, cuci tangan. Semakin sering cuci tangan, semakin bersih tangan kita.

Setiap selesai mengupas atau memotong, jangan segan membuang sisa-sisa bahan makanan ke tempat sampah yang tertutup.

Selesai memasak, selalu membersihkan kompor, meja, dan lantai dapur dari tumpahan tepung, minyak, atau sisa-sisa makanan.

Bila akan memakan sayur atau buah tanpa dimasak, cucilah di air keran sampai benar-benar bersih.

Supaya semakin higienis, tutuplah kepala dengan topi masak atau kain. Tentu saja supaya tidak ada rambut yang masuk ke dalam masakan.

Bagaimana? Masih ingin mencoba resep yang lain? Boleh saja. Tetapi, kita tidak akan diizinkan memakai dapur bila tidak melakukan hal terakhir ini. Yaitu, membersihkan dan membereskan dapur setiap selesai masak. Selamat memasak!


 

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus